Home > Mind Set > Transformasi dan Kelompok Pembaharu

Transformasi dan Kelompok Pembaharu

By Mr Boediono ………………
Sejarah menunjukan bahwa keberhasilan proses transformasi menuju masyarakat yang makmur, demokratis, dan terbuka ditentukan oleh keberadaan kelompok pembaharu.
Kelompok inilah yang menjadi ujung tombak dan pengawal proses transformasi itu. Tanpa mereka, proses transformasi akan beresiko mandek atau keluar dari jalur yang kita inginkan.
Pertumbuhan ekonomi akan membantu tumbuhnya kelompok pembaharu, tetapi dengan dua syarat, yaitu : (1) pertumbuhan itu menyentuh dan dapat dinikmati oleh sebagian besar rakyat (broad based), dan (2) prosesnya lebih mengandalkan kegiatan berdasarkan hasil kerja, inisiatif dan ingenuitas sumber daya manusianya, dan BUKAN semata mengandalkan hasil penjualan kekayaan alam, bantuan luar negeri, atau rejeki nomplok lainnya. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi saja tidak cukup. Dua syarat itu harus dipenuhi.

Siapa saja kelompok pembaharu itu dan apa peran mereka dalam proses transformasi?

Sejarah mencatat, kelompok ini bisa datang dari latar belakang sosial yang berbeda. Di Inggris inti kelompok pembaharu adalah pengusaha. … Di Jerman justru kaum birokrat. Di Jepang, cikal bakalnya adalah kaum samurai yang mentransformasikan diri menjadi penggerak modernisasi.

Bagi negara berkembang, barangkali akan terlalu lama menunggu terbentuknya kelompok pembaharu secara alamiah seperti di negara-negara tersebut. Seyogyanya juga tidak mengandalkan pada satu atau dua kelompok sosialnya saja. Jadi, yang terbaik adalah mendorong terbentuknya koalisi luas, yang terdiri atas para demokrat dari semua segmen sosial.

Kelompok pembaharu ini dapat meliputi unsur-unsur reformis dari kaum pengusaha, intelektual, profesional, birokrat, pemuda, aktivis LSM, dan lain-lain.

Mereka diikat oleh kesamaan platform, yaitu memperjuangkan nilai-nilai demokrasi seperti hak asasi manusia, keterbukaan, kebebasan berusaha, good governance, rule of law, dan sebagainya.

Di sebagian negara berkembang, termasuk Indonesia, kelompok macam ini sudah mulai terbentuk dan berperan, meskipun masih terbatas. Mereka adalah elemen strategis dalam proses modernisasi dan demokratisasi.

Apakah anda termasuk kelompok pembaharu ?

Categories: Mind Set
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: